Bina Isani Lejitkan Potensi
Myspace Layouts

Selasa, 30 Desember 2008

Taa'ruf Dengan FPKM FITRAH-UMI

In The Name Of Allah Most Gracious, Most Merciful
MUKADDIMAH
“Dan hendaklah di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang mungkar, merekalah orang-orang beruntung.” (QS Ali Imran;103)

Bangsa Indonesia tengah mengalami sakit berkepanjangan. Fenomena krisis ekonomi yang merembet hingga kepada krisis moral telah menjadi bukti yang tidak terbantahkan. Jikalau kita merenung dan berpikir apa yang tengah melanda bangsa ini maka semua pertanyaan itu akan bermuara kepada satu pernyataan, yaitu makin menjauhnya manusia dari tuntunan Allah swt.

Islam merupakan sebuah tuntunan hidup yang didesain sedemikian rupa oleh Sang Pencipta agar kehidupan manusia dapat selamat di dunia maupun akhirat. Begitu lengkap dan sempurnanya tuntunan hidup ini sehingga sulit berkelit bahwa hanya Al Islam inilah yang mampu menjadi solusi bagi seluruh permasalahan yang ada.

Harus disadari bahwa kita tidak dapat menutup mata. Kondisi bangsa yang sakit ini harus segera diobati. Perlu ada “dokter-dokter” yang siap merawat luka itu dan menyembuhkannya kembali, dan ini merupakan tanggung jawab seluruh masyarakat.

Mahasiswa merupakan bagian dari masyarakat. Adanya aktivitas akademis di kampus merupakan sebuah proses pembentukan manusia yang siap diterbangkan ke dalam kancah masyarakat. Pada dasarnya mahasiswa memiliki 3 peran utama, yaitu :
agent of change (agen perubahan), artinya mahasiswa merupakan media yang sensitif untuk melakukan perubahan dalam rangka perbaikan kondisi bangsa dan masyarakat,
iron stock (cadangan keras), artinya mahasiswa merupakan calon-calon pemegang kendali kebijakan negara ini di masa yang akan datang. Mungkin mahasiswa yang kini masih berkutat dengan kegiatan di kampusnya 10-20 tahun lagi akan ada yang duduk di parlemen, atau ada pula yang menjabat pimpinan perusahaan, atau bahkan mungkin menjadi menteri atau presiden.
Moral force (kekuatan moral), artinya mahasiswa merupakan kelompok dalam masyarakat yang memiliki mobilitas tinggi baik secara vertikal maupun horizontal sebagai penyeru masyarakat ke arah kondisi yang menjadi idealismenya.

Diperlukan sebuah upaya baru untuk mengembalikan fungsi mahasiswa itu sendiri sehingga dapat menjadi penerus bangsa yang menyelamatkan kondisi bangsa ke depannya serta menjadi mahasiswa yang ideal di tengah-tengah berbagai pengaruh pemikiran yang sedikit banyak sangat mempengaruhi gerak mahasiswa yang saat ini sedikit mendapat cemoohan dari masyarakat karena berbagai aksi yang kurang simpatik yang sering mereka perlihatkan. Oleh karena, itu perlu adanya sebuah forum yang bertujuan untuk mengembalikan fungsi-fungsi real mahasiswa dengan menitikberatkan pada pengemnbangan kepribadian yang islami agar potensi positif dalam diri mahasiswa dapat dikembangkan sehingga menghasilkan kerja-kerja yang positif dan kreatif dan menjadi modal utama dalam upaya memakmurkan bangsa ke depannya.
DASAR PEMIKIRAN
 “Hai orang-orang yang beriman taatlah kepada Allah dan Rassul-Nya dan janganlah kau merusak pahala amal-amalmu (Muhammad: 33)
 “Dan tolong menolonglah kamu dalam berbuat kebajikan dan taqwa, dan janganlah kamu bertolong menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran”. (At Taubah : 2)
 “Sesungguhnya Allah tidak akan merubah nasib seseorang sebelum ia sendiri yang akan merubah apa-apa yang ada dalam dirinya”. (Ar Ra’ad : 10)

URGENSI FORUM PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN
Kenapa Forum Pengembangan Kepribadian menjadi urgent dan penting? Forum Pengembangan Kepribadian menjadi urgen dan penting karena:
1. Kampus sebagai institusi penempa manusia merupakan sarana vital yang diharapkan dapat mencetak insan-insan pembaharu. Baik buruknya kondisi insan yang dicetak sangat tergantung terhadap nilai-nilai yang dianut di kampus. Alangkah indahnya jika nilai-nilai Islam dapat mewarnai kampus sebagai penghasil manusia-manusia harapan bangsa ini.
2. Kampus adalah medan pendidikan yang tidak pernah kering dari obyek didik. Setiap tahun ribuan mahasiswa/I masuk dan ditempa di dalam kampus sehingga merupakan kewajiban kita untuk meberikan suatu pendidikan yang baik bagi mereka.
3. Kampus merupakan miniatur masyarakat majemuk dalam hal geografis. Dalam kampus kita menemukan orang-orang yang tinggal di seluruh pelosok daerah Ketika proyek pengembangan kepribadian kita yang berbasis pada nilai-nilai islami ini berhasil kepada masyarakat kampus, maka otomatis orang-orang yang menerima hasil tempaan didikan ini kita akan kembali ke daerah mereka masing-masing sehingga secara tidak langsung kita menyebarkan ilmunya ke pelosok-pelosok daerah, dan ini akan mempercepat proses restrukturisasi pengembangan bangsa.
4. Masyarakat kampus adalah masyarakat terdidik dimana mereka memiliki peluang yang sangat besar untuk menerima model pendidikan yang berbasis islami.
5. Mahasiswa adalah kelas menengah yang mudah beradaptasi dengan komunitas diatasnya dan komunitas dibawahnya, bahkan mahasiswa sebagai kelas menengah dapat menjembatani kesenjangan antara kelas dibawahnya (kelas masyarakat awam) dan kelas diatasnya (kelas masyarakat profesional). Posisi yang strategis ini membuat posisi mahasiswa menjadi elemen tengah yang dapat menghubungkan keduanya demi kemajuan bangsa.
6. Mahasiswa dalam tinjauan sejarah Indonesia dan dunia memiliki peran politik dalam mempressure kebijakan-kebijakan penguasa. Mahasiswa bahkan dapat mengarahkan kebijakan-kebijakan penguasa dengan segala potensi dan kemampuannya. Apabila mahasiswa telah berhasil ditempa, dengan nilai-nilai kreatifitas dan islami, mereka akan mampu mengarahkan kebijakan Negara sehingga dapat mendukung kepentingan masyarakat.
7. Belum ada lembaga pengembangan kepribadian yang terbentuk di UMI yang basis kerjanya itu pada keilmuan serta didasarkan atas nilai-nilai islami yang nantinya dapat mencetak mahasiswa yang produktif, kreatif, dan islami.

FUNGSI DAN KEDUDUKAN FORUM PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN
Karena FPKM adalah suatu lembaga yang dikelola mahasiswa bergerak dalam bidang pengembangan kepribadian diri khususnya dalam bidang keilmuan yang berbasis nilai-nilai islami. Masyarakat kampus sebagai obyek utamanya dan mahasiswa merupakan unsur terpentingnya. Untuk mencapai tujuannya, FPKM setidaknya harus memainkan fungsi :
1. Sebagai Media pembinaan mahasiswa
2. Sebagai Mediator
3. Sebagai Fasilitator

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Islamic Camp FPKM FITRAH UMI

Islamic Camp FPKM FITRAH UMI
Take time of Action (Lari Pagi)

Islamc Camp FPKM FITRAH UMI

Islamc Camp FPKM FITRAH UMI
OutBond

BAKSOS FPKM FITRAH

BAKSOS FPKM FITRAH
Sambutan Ketua RT 1 Kelurahan Panaikang Makassar

Lebaran Yuuk

Lebaran Yuuk
Mohon MAaf Lahir Batin

BAKSOS FPKM FITRAH

BAKSOS FPKM FITRAH
Penyuluhan Kesehatan

BAKSOS FPKM FITRAH

BAKSOS FPKM FITRAH
Tempat Pembagian Obat

Bersyukurlah