Bina Isani Lejitkan Potensi
Myspace Layouts

Rabu, 27 Mei 2009

KEKUATAN UKHUWAH ISLAMIYAH

KEKUATAN UKHUWAH ISLAMIYAH
Akhi/ukhti kita hidup di dunia ini tidak sendiri. Kita hidup dalam masyarakat yang sangat majemuk. Perbedaan banyak kita temukan disekitar kita. Karena itu, kita harus dapat saling menjaga diri dalam menjalani hidup ditengah masyarakat yang sangat heterogen. Keberagaman yang ada membuat kita harus senantiasa menjalin silaturahmi dengan orang lain. Jangan sampai perbedaan menghalangi kita untuk menjalin persaudaraan, karena dengan persaudaraan, kita dapat lebih siap untuk hidup bermasyarakat.
Terlebih lagi persaudaraan yang terjalin antara sesama muslim yang biasa kita kenal dengan nama UKHUWAH ISLAMIYAH. Hal ini sudah diajarkan oleh Rasulullah Saw. Sebagaimana Hadits Rasulullah Saw: ” Tidak sempurna keimanan seorang mukmin sehingga ia mencintai saudaranya seperti ia mencintai dirinya sendiri” (HR. Bukhari Muslim).
Namun sayangnya, kepentingan dan ketamakan akan dunia telah melemahkan, bahkan menghancurkan ukhuwah islamiyah yang ada, lihat saja disekitar kita berapa banyak orang yang rela menindas saudaranya sendiri demi ambisinya untuk mengeruk kekayaan dunia. Bahkan tidak sedikit yang menggunakan cara-cara yang kotor agar ambisinya tercapai, termasuk mengotori dirinya sendiri dengan perbuatan dosa. Dalam suatu riwayat Rasulullah pernah bertanya kepada para sahabatnya ”Maukah kalian aku tunjukkan amal yang lebih besar pahalanya dari pada shalat dan shaum? ”Sahabat menjawab, ”Tentu saja!” Rasulullah pun kemudian menjelaskan, ”Engkau damaikan yang bertengkar, menyambungkan persaudaraan yang terputus, mempertemukan kembali saudara-saudara yang terpisah, menjembatani berbagai kelompok dalam Islam, dan mengukuhkan ukhuwah diantara mereka, (semua itu) adalah amal saleh yang besar pahalanya. Barang siapa yang ingin dipanjangkan usianya dan dibanyakkan rezekinya, hendaklah ia menyambungkan tali persaudaraan. (HR. Bukhari Muslim).
ikhwafillah, hadits diatas dapat kita renungkan bahwa betapa besar nilai sebuah jalinan persaudaraan. Karenanya, memperkokoh pilar-pilar ukhuwah islamiyah merupakan salah satu tugas penting bagi kita.
Sudahkah kita bertanya-tanya kepada diri kita masing-masing sudahkah saya perbaiki tali silaturahmi untuk merajut tali ukhuwah islamiyah yang selama ini saya remehkan, anggap biasa atau pun terputus ??? jawabanya adalah kembali kepada pribadi masing-masing untuk tetap menjadi orang-orang terbaik di hadapan ALLAH SWT. Akhi/Ukhti tajamkan semangat ukhuwah kita, bukan hanya sesama teman dikampus, aktivis dalam sesama organisasi, satu fikrah/pemikiran dengan kita, tapi orang-orang disekililing pun baik dari luar organisasi maupun diluar kampus tetapi para tetangga diseliling rumah kita pun atau dimana saja menjadi prioritas utama dalam ukhuwah islamiyah.
Adapun manfat dalam membangun ukhuwah islamiyah antara lain:
Merasakan lezatnya iman.
Mendapatkan perlindungan Allah di hari akhir (kiamat) kelak (termasuk dalam 7 golongan yang dilindungi).
Mendapatkan tempat khusus di surga..........Amin!!!!


By: Sekum FPKM Fitrah_UMI (FITRI RIDWAN)
Kunjungi saya di theconan_89@yahoo.co.id dan friendster syariah_seven@yahoo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Islamic Camp FPKM FITRAH UMI

Islamic Camp FPKM FITRAH UMI
Take time of Action (Lari Pagi)

Islamc Camp FPKM FITRAH UMI

Islamc Camp FPKM FITRAH UMI
OutBond

BAKSOS FPKM FITRAH

BAKSOS FPKM FITRAH
Sambutan Ketua RT 1 Kelurahan Panaikang Makassar

Lebaran Yuuk

Lebaran Yuuk
Mohon MAaf Lahir Batin

BAKSOS FPKM FITRAH

BAKSOS FPKM FITRAH
Penyuluhan Kesehatan

BAKSOS FPKM FITRAH

BAKSOS FPKM FITRAH
Tempat Pembagian Obat

Bersyukurlah